Jumat, 02 Desember 2011

Prosesi Pernikahan Adat Di Indonesia --->Adat Pernikahan Yogyakarta

Indonesia adalah negara kepulauan dengan penduduk yang terdiri dari bermacam-macam suku dan budaya.setiap daerah di Indonesia memiliki tata cara tersendiri dalam melangsungkan prosesi pernikahan.
Menurut saya sangat menarik untuk mengetahui bagaimana prosesi pernikahan dilangsungkan di berbagai daerah di Indonesia.Dan seharusnyalah perbedaan-perbedaan ini tidak dijadikan suatu masalah,melainkan dijadikan suatu kebanggaan akan kekayaan budaya bangsa kita yang beraneka ragam.
Berikut ini adalah Prosesi pernikahan adat yogyakarta:
1.Nontoni
Nontoni adalah sebuah prosesi untuk mengenalkan calon pengantin pria dan calon pengantin perempuan.Nontoni dalam bahasa indonesia artinya melihat,hal ini dilakukan karena pada jaman dahulu kala calon mempelai biasanya belum mengenal dan mengetahui siapa orang yang akan dinikahinya.
2.Lamaran
Orang tua pihak laki-laki mendatangi orang tua pihak perempuan untuk meminang calon pengantin perempuan.
Dalam acara ini biasanya pihak keluarga laki-laki datang membawa oleh-oleh makanan yang terbuat dari ketan seperti wajik,tetelan,wingko dll.Hal ini dilakukan karena ketan memiliki sifat yang lengket,diharapkan kelak pasangan pengantin dan besan akan lengket.
3.Peningsetan
Peningset artinya pengikat.Berisi berbagai barang seserahan (baca:menghias seserahan pengantin) dan makanan yang harus diserahkan pihak pria kepada pihak wanita.
4.Tarub
Tarub adalah hiasan janur kuning yang dipasang di tepi tratag yang terbuat beleketepe atau daun kelapa yang masih hijau.Selain itu juga dipasang tuwuhan.upacara tarub ini juga menandakan dimulainya gawe/hajatan.
5.Nyantri
Yaitu menitipkan calon pengantin laki-laki kepada keluarga/kerabat/tetangga dekat calon pengantin perempuan.Bertujuan agar pada saat akan dimulainya upacara pernikahan calon mempelai pria sudah siap di tempat.
6.Siraman
Siraman adalah memandikan calon pengantin yang mengandung arti untuk membersihkan diri menjadi suci dan murni.Upacara siraman diakhiri dengan memecah kendi.

7.Midodareni
Midodareni beasal dari kata widodari yang artinya bidadari.Malam midodareni berlangsung pada pukul 18.00-24.00.Pada saat malam midodareni biasanya kerabat mempelai pengantin pria diperbolehkan masuk ke kamar calon mempelai wanita untuk memberikan nasehat-nasehat kepada clon mempelai wanita.
8.Langkahan
Langkahan artinya melompati.Upacara ini di lakukan apabiala pengantin menikah mendahului kakaknya.Upacara ini dimaksudkan untuk meminta ijin kepada kakak yang dilangkahi.
9.Ijab
 Ijab qobul berdasarkan agama yang dianut oleh mempelai pengantin.
10.Panggih
Biasa disebut "temu manten",yaitu mempertemukan kedua calon mempelai setelah acara ijab qobul selesai.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►

join us on facebook

 

Mengenai Saya

Foto Saya
Lawang-Malang, Jawa Timur, Indonesia
I am just an ordinary woman with ordinary thoughts living an ordinary life

Pengikut

Copyright © 2012. Ladies - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz